Home / Kabar / Mirip Tongkrongan Warkop, KTT ASEAN Hindari Kata Rohingya Dalam Pernyataan Bersama

Mirip Tongkrongan Warkop, KTT ASEAN Hindari Kata Rohingya Dalam Pernyataan Bersama

MediaDakwahIslam – Mirip Tongkrongan Warkop, KTT ASEAN Hindari Kata Rohingya Dalam Pernyataan Bersama

Eramuslim – Kata ‘Rohingya’ tidak tercantum dalam rancangan pernyataan bersama yang bakal disepakati para pemimpin dalam Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (KTT ASEAN) di Manila, Filipina, Selasa (14/11).

Menurut kabar yang dilansir Reuters, draf pernyataan resmi yang dihasilkan KTT ASEAN, tidak menyinggung krisis gelombang eksodus ratusan ribu pengungsi Rohingya yang terjadi sejak bentrokan antara kelompok bersenjata dan militer Myanmar di Rakhine pada akhir Agustus lalu.

Dokumen yang rencananya akan dirilis setelah gelaran KTT ASEAN ke-31 itu hanya akan membahas pentingnya bantuan kemanusiaan bagi “komunitas terdampak konflik” di Rakhine Utara. Namun, komunike bersama itu tak menjelaskan secara detail situasi di pusat konflik yang telah menewaskan sedikitnya 1.000 Muslim Rohingya.

“Rancangan itu tidak menyebut detail situasi di Rakhine Utara atau menggunakan istilah Rohingya bagi minoritas Muslim yang mengalami persekusi, sesuai permintaan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi kepada para pemimpin agar dihindari,” tulis Reuters, Senin (13/11).

Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, pun tak menyinggung krisis yang tengah menimpa negaranya itu dalam pidato kedatangannya dalam rangka menghadiri KTT ASEAN di Manila kemarin.

Sementara itu, Robert Romulo, mantan Menteri Luar Negeri Filipina, memprediksi bahwa isu Rohingya tidak akan didiskusikan secara khusus dalam KTT ASEAN yang sedang berlangsung saat ini.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading…

Sumber: Eramuslim
Mirip Tongkrongan Warkop, KTT ASEAN Hindari Kata Rohingya Dalam Pernyataan Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *