Home / Kabar / Perubahan Warna Pelat Mobil Bertahap di 2019

Perubahan Warna Pelat Mobil Bertahap di 2019

MediaDakwahIslam – Perubahan Warna Pelat Mobil Bertahap di 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rencana perubahan warna pelat nomor masih terus berproses, perubahan regulasi-regulasi pun masih harus diselesaikan. Jika lancar, rencana ini bisa dijalankan bertahap pada 2019 mendatang.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan telah melakukan sejumlah kajian terkait ini. “Regulasi pokok kajian mengatakan, untuk tampak di kamera cepat terlihat dengan warna terang gitu. Itu lebih mudah ya,” ujar dia pada acara peresmian e-BPKB.

Kajian pokok itu, dikatakan Royke, menjelaskan bahwa warna hitam, tidak dapat menangkap dengan cepat. Tetapi akan lebih mudah jika menggunakan warna terang atau putih, kemudian untuk angka dan huruf bisa menggunakan warna biru tua.

“Dalam proses perubahan regulasi-regulasi harus diselesaikan dulu, kemudian kajian-kajian dan lain-lain yang sudah sebagiannya. Ya itu kan kalau lancar 2019 baru bertahap, tidak serentak semua,” jelas Royke.

Menurut dia, tidak secara serentak semua pelat langsung diubah menjadi warna putih. Pelat berwarna putih hanya akan diberikan pada kendaraan baru, misalnya daftar beli motor baru atau mobil baru, lalu pelatnya disesuaikan.

Sementara, bagi yang sudah terlanjur berpelat warna hitam, tetap harus menunggu lima tahun berikutnya ketika pergantian pelat. “Kemungkinan 2019 baru jalan kalau lancar karena tergantung anggaran. Karena mengubah pelat dengan spek yang tinggi tidak asal. Harapan kami, speknya itu ada data-data kendaraannya, jadi kalau bisa sekalian,” kata Royke.

Sebelumnya, Korlantas Polri memang berencana mengganti warna pelat kendaraan bermotor. Warna hitam yang selama ini menjadi ciri khas pelat nomor kendaraan rencananya akan diganti menjadi warna-warna yang lebih terang.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, tujuannya agar mempermudah anggota untuk mendeteksi setiap nomor kendaraan di jalan raya. Sehingga, ketika ada pelanggaran pun, nomor tersebut akan langsung terdeteksi.

Sumber: Republika Online RSS Feed
Perubahan Warna Pelat Mobil Bertahap di 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *