Home / Kabar / Rusia akan Privatisasi Produsen AK-47

Rusia akan Privatisasi Produsen AK-47

MediaDakwahIslam – Rusia akan Privatisasi Produsen AK-47

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW — Produsen senjata asal Rusia, Kalashnikov Konstern, akan diprivatisasi. Aleksei Krivoruchko kabarnya akan menjadi pemegang saham pengendali produsen AK-47 itu.

Kabar yang mengemukan pada akhir pekan lalu dan Senin (13/11) ini menyebut, mayoritas saham Kalashnikov akan berada di tangan investor privat. Dalam perhelatan Dubai Airshow pada Senin (13/11), Direktur Rostec, Sergei V. Chemezov mengatakan, atas restu Pemerintah Rusia, Rostec akan melepas sebagian kepemilikan Kalashnikov.

”Kami baru saja mengambil keputusan akhir untuk melepas 26 persen saham di Kalashnikov,” kata Chemezov seperti dikutip New York Times, Senin (13/11).

Pada 2016 lalu, penjualan Kalashnikov 308 juta dolar AS dengan laba 51 juta dolar AS. Sebelum mendapat sanksi dari AS atas krisis Ukraina, Kalashnikov menjual senjata bermerek Baikal dan Saiga ke pasar sipil AS.

Untuk mengatasi tekanan penjualan akibat sanksi, Kalashnikov menjual produk AK-103 ke Arab Saudi. Kalashnikov juga menjual lebih banyak senjata kepada masyarakat Rusia dan mendivesifikasi usaha.

Perusahaan yang selama 70 tahun dimiliki Pemerintah Rusia itu pertama kali memproduksi AK-47 setelah Perang Dunia II. Senjata itu kemudian masyhur dipakai pasukan pengamanan maupun perlawanan bersenjata di seluruh dunia. Ada 100 juta AK-47 yang diprediksi beredar saat ini.

Di bawah kepemimpinan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kalashnikov telah mendiversifikasi produk dengan drone, kapal cepat, dan video game. Sebuah induk BUMN bentukan rezim Putin, Rostec, juga membeli hampir separuh kepemilikan Kalashnikov pada 2013 lalu.

Privatisasi parsial itu juga memasukkan nama Aleksei Krivoruchko yang memegang seperempat saham Kalashnikov dan seperempat sisanya dipegang oleh dua investor lain yakni Andrei Bokarev dan Iskander Makhmudov.

Bokarev dan Makhmudov juga akan melepas saham mereka ke Krivoruchko. Dengan begitu, nantinya Krivoruchko akan memegang 75 persen saham Kalashnikov.

Rostec sudah menyampaikan kabar privatisasi Kalashnikov ini pada Februari lalu, tapi belum disetujui pemerintah. Rostec kemudian menyebut Krivoruchko akan jadi pembeli utama. Krivoruchko merupakan pengusaha asal Rusia yang juga berinvestasi di jaringan kereta komuter Moskow.

Sumber: Republika Online RSS Feed
Rusia akan Privatisasi Produsen AK-47

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *