Home / Kabar / Abaikan Kecaman Dunia, Trump Resmikan Yerusalem sebagai Ibukota Israel

Abaikan Kecaman Dunia, Trump Resmikan Yerusalem sebagai Ibukota Israel

MediaDakwahIslam – Abaikan Kecaman Dunia, Trump Resmikan Yerusalem sebagai Ibukota Israel

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – AS secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, Donald Trump pada hari Rabu (6/12/2017) mengumumkannya, dan mengabaikan kecaman luas internasional.

Dia juga mengarahkan Departemen Luar Negeri untuk memulai relokasi kedutaan Amerika dari Tel Aviv ke kota Yerusalem yang diperebutkan, yang diklaim oleh orang-orang zionis Yahudi. Langkah ini diperkirakan akan memakan waktu beberapa tahun.

“Pengumuman saya hari ini menandai dimulainya sebuah pendekatan baru untuk konflik antara Israel dan Palestina,” kata Trump dalam sebuah pidato publik dari Ruang Penerimaan Diplomatik di Gedung Putih.

“Tentu akan ada ketidaksepakatan dan perbedaan pendapat mengenai pengumuman ini – namun kami yakin pada akhirnya, saat kami mengatasi ketidaksepakatan ini, kami akan sampai pada pemahaman dan kerjasama yang lebih baik,” katanya. “Ini tidak lebih dari sekadar pengakuan akan kenyataan.”

Namun Mark Perry, mantan penasihat pemimpin Palestina Yasser Arafat, membantah karakterisasi Trump.

“Tidak apa-apa,” katanya kepada Anadolu Agency.

Keputusan presiden menempatkan AS bertentangan dengan kebijakan Amerika selama puluhan tahun, dan juga seluruh masyarakat internasional, kecuali Israel. Tidak ada negara yang memiliki kedutaan besarnya di Yerusalem. Hal ini juga cenderung menghalangi upaya untuk memulai kembali perundingan damai Israel-Palestina yang terhenti.

“Semua sekutu penting Amerika menyarankan presiden untuk menentang keputusan ini,” kata Perry. “Dan, begitulah – demi memuaskan Israel, Amerika diisolasi dan sendirian sekali lagi. Ini bukan tindakan kekuatan besar, tapi sebuah kemunduran.”

Warga Palestina telah mengupayakan Yerusalem Timur sebagai ibukota negara mereka di selama perundingan damai. Yerusalem Timur dijajah oleh Yahudi Israel sejak 1967.

Sumber: Jurnal Islam
Abaikan Kecaman Dunia, Trump Resmikan Yerusalem sebagai Ibukota Israel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *